Jumat, 21 November 2014

Review Sukses Membangun Toko Online



“Seorang pemenang adalah seorang yang percaya pada kemampuan dirinya sendiri (walaupun tidak setiap kata, dan ini wajar), konsisten, dan pantang menyerah.” (Hal. 202)


 Judul : Sukses Membangun Toko Online
Nama Penulis : Carolina Ratri
Editor : Herlina P. Dewi
Proof Reader : Weka Swasti
Desain Cover : Teguh Santosa
Layout Cover : Deeje
Penerbit : Stiletto Book
Tanggal Terbit : Juli 2014
Edisi : Cetakan Pertama
ISBN : 978-602-7572-29-4


Menjalankan bisnis di era digital seperti ini., rasanya sayang sekali jika tidak ikut memanfaatkan kecanggihan internet. Bagi anda yang sudah sukses membangun bisnis secara konvensional, kehadiran internet pasti akan membuat produk anda lebih dikenal. Dan, buat anda yang baru memulai membangun toko online, pengetahuan tentang seluk-beluk bisnis berbasis internet mutlak diperlukan. Dalam buku ini, anda akan dipandu membangun sebuah toko online secara bertahap :
~ Mengenal pernak-pernik toko online (sistem penjualan, jasa pengiriman, dll).
~ Persiapan apa saja yang harus dilakukan (modal, perlengkapan, dll).
~ Membuat dan mempercantik tampilan web toko online.
~ Meningkatkan kunjungan ke toko online.
~ Memanfaatkan media social sebagai alat promosi.
~ Menjaring pelanggan melalui pelayanan yang prima.
~ Contoh-contoh toko online yang dikelola perempuan.
Buku ini menjadi teman yang tepat bagi anda ketika akan memulai bisnis toko online. Ditulis oleh perempuan yang sangat menggilai media sosial, visual and marketing communication, blogger, dan juga pelaku bisnis online. Jadi, pastikan ada buku ini di samping laptop anda.


Hallo semuanya, Miss Romances comeback lagi nih^^

Kali ini saya akan me-review buku Non Fiksi dari Stiletto Book yaitu Sukses Membangun Toko Online. Ini adalah buku Non Fiksi pertama yang saya review. Agak bingung juga sebenarnya mau nulis apa —ya karena saya masih baru dalam me-review buku, apalagi untuk Non Fiksi. Tapi disini lah tantangannya, jadi saya harus menakluk-kannya *Semangat45. Okay cukup basa-basinya. Sekarang, mari kita simak sama-sama review saya. 


Kesan pertama ketika melihat penampilan novel ini yaitu imut…
Desain sampul bagian depannya manis dan cukup menggambarkan petunjuk isi novel. 

Sukses Membangun Toko Online adalah sebuah buku panduan untuk kita yang ingin memulai bisnis online. Sebelumnya, saya mau bertanya nih, pasti sudah akrab dengan yang namanya ‘Toko Online’ kan ?

Pastinya semua sudah pada tahu ya, apalagi untuk para perempuan yang gila belanja. Perempuan dan Belanja. Sesuatu yang melengkapi dan tidak bisa dipisahkan.

Di dalam buku ini, penulis memaparkan bagaimana kita membangun sebuah toko online dengan bujet yang tidak terlalu besar. Di bab pertama, penulis menyuguhkan tentang apa itu Toko Online dan mengapa berbisnis online. Pemaparan dalam bab ini bisa dibilang cukup bagus karena dengan begitu para pembaca bisa mengetahui dengan pasti apa sih sebenarnya toko online itu dan kelebihan berbisnis online sedangkan kita bisa melakukan bisnis dengan offline.

Di bab selanjutnya, penulis menyajikan informasi yang berkaitan dengan sistem penjualan, ekspedisi yang tepat, produk apa yang sebaiknya kita jual. Point penting ada disini, yaitu pada produk yang sebaiknya kita jual. Kadang, mungkin dibenak kita berpikir, mau jual apa ? gimana kalo nanti nggak laku ?

Secara tidak langsung, pemikiran itu pasti terbersit dibenak kita. Tapi bukankah disitulah tantangannya ? Jika bingung, mulailah dengan berpikir tentang hobi anda. Jika anda memulai bisnis dengan apa yang anda sukai, pasti anda akan menikmatinya.

Dalam buku ini, kita juga diajarkan membuat logo toko kita nanti, memberi nama toko online yang simple dan menarik, sampai membuat situs web toko online dan mempercantik tampilan toko online. Dan kelebihan dari buku ini adalah penulis memandu kita —terutama yang masih awam soal Blogspot dengan sangat telaten, bahkan mulai dari membuat gmail sampai pada tahap mengganti template web.

Karena saya juga belum terlalu mengenal Blogspot jadi dengan adanya panduan ini, saya jadi lebih mengerti apa fungsi dari masing-masing elemen-elemen di dalam Blog. Ada juga beberapa situs web penyedia template Blogspot gratis yang direkomendasikan oleh penulis, jadi kita tidak akan kebingungan jika ingin mengganti templates.

Di buku ini, kita juga diajarkan tentang bagaimana mempromosikan toko online kita melalui Facebook, Twitter, Instagram. Dan bagi kita yang jarang sekali punya waktu luang alias sibuk, jangan khawatir soal gimana cara meng-updatenya, karena disini penulis juga memaparkan solusinya. Jadi kita tidak akan khawatir soal meng-update semua akun yang kita punya.

Dari buku ini, saya memperlajari banyak hal. Dan menurut saya, ini buku panduan yang cukup banyak memberikan informasi yang berguna untuk semua orang yang ingin membangun sebuah toko, khususnya online. Dulu, saya sempat ingin memulai bisnis online, tapi karena keburu takut duluan —takut dalam banyak hal sebenarnya, misalnya bagaimana kalau saya nggak bisa meng-update semua akun yang sama punya selama menjalankan ujian —maklum saya masih pelajar. Jadi niat itu saya urungkan. Tapi setelah membaca buku ini, saya semakin mantap ingin membuka sebuah toko online *hehe.

Rating
Empat dari lima bintang untuk Novel ini. Buku ini sangat cocok bagi yang ragu buat membangun toko online.
Review juga bisa dibaca di https://www.goodreads.com/review/show/1106394687




http://www.redcarra.com/sukses-membangun-toko-online-book-review-contest/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Miss Romances Book Published @ 2014 by Ipietoon