Jumat, 21 November 2014

Review CEO KOPLAK!!! Gue ogah biasa, so gue kudu Gila!!!



“Jangan jadi lalat dalam toples kaca: bebas terbang kesana kemari seolah sudah melihat dunia, padahal ia hanya tetap ada di dalam toples. Lo kudu out of the box.” (Hal. 15)


Judul : CEO KOPLAK!!!
Nama Penulis : @edi_akhiles
Editor : Tim Koplak
Tata Sampul dan Illustrasi : Agus Bledus
Tata Isi : Bambang Suwung
Pracetak : Wardi Bei
Penerbit : Laksana
Tanggal Terbit : Maret 2013
Edisi : Cetakan Pertama
ISBN : 978-602-7723-55-9


#NoMainstream!
Identik dengan gila-koplak!
Buku cerita leadership ala CEO yang ganjil, ngakak, inspiratif: ternyata dunia professional bisa dibanting-banting sedemikian strong diversity, dan itu nampol muka banget. Pera pemimpin, professional, pebisnis, calon pengusaha, dan calon kepala atau anggota rumah tangga, baca deh buku kaya olah kreatif karikatur ini!

@edi_akhiles, calon dokter ini namanya diabadikan dalam Angkatan Sastra 2000. Merintis publishing (DIVA Press Group) sejak tahun 2001 dan jadi CEO-nya. Buku-buku bestseller-nya, antara lain Andai Aku Jalan Kaki, Thx for Auratmu, dan Rogoh Ah… Pengen ngekos di rumahnya? Klik: www.akhilesislion.blogspot.com Pengen pin BB-nya juga? Add: 1311kplk1977.
J J J
“Ada dua tipe manusia, orang biasa dan orang luar biasa (biasa keluar juga boleh, kok). Kalau tidak bisa jadi orang luar biasa, pilihlah jadi ‘orang gila’, karena ide-ide ‘orang gila’ terkadang jauh lebih luar biasa. Si bos koplak ini contohnya!”
@edikkoeswoyo,
penulis novel dan skenario.
“Gue selalu dibuat terpingkal-pingkal setiap baca tulisan beliau dan sekaligus ngerasa diajak berempati. Tulisan yang sangat cerdas! Susah ditiru!”
@rezanufa,
penulis novel dan penggemar filsafat.

“Buku CEO Koplak gilaakk abiiss…kereeennn…kreatif…inovatif, dan kawan-kawannya, menyadarkan gue kalo dunia akan terasa lebih sangat indah jika bisa BE MY SELF tanpa kekangan. Two tumbs up!”
@rara_3R,
penulis novel.

“Buku ini nyeritain ‘cara menyimpang’ leadership @edi_akhiles, CEO DIVA Press Group, yang out of the box, strong mainstream diversity, crazy top down which equals koplak satu koplak semua. XD *unyel-unyel*.”
@IenMyunk(Noey Moore),
penulis novel dan Putri Indonesia Jawa Tengah 2004.

“Orang yang mengira buku ini hanya main-main, sesungguhnya mereka hanya tidak ingin mengakui bagaimana buku ini telah berhasil mempermainkan logika dan hati mereka dengan begitu mudahnya.”
@herlinatiens,
penulis novel.


Selamat pagi semuanya #SokAkrab
            Adakah yang sedang menunggu review novel berikutnya dari saya ? *pasti pada nunggu-nunggu saya ya ? bukan reviewnya ? #Kepedean.

Kali ini saya akan me-review salah satu buku dari seorang leadership ala CEO milik bapak @edi_akhiles yaitu CEO KOPLAK!!!
 
Taukah kalian bagaimana senangnya saya saat akhirnya menemukan buku ini setelah ngubek-ngubek (?) bazar di kota saya *kayak nyari harta karun aja #GakAdaYangNanya. Udah dari dulu saya mendambakan buku ini, tapi saat mencari di toko buku, nggak ada #Lemes.

Well, buku CEO KOPLAK!!! Ini menceritakan bagaimana seorang @edi_akhiles memimpin perusahaan yang didirikannya sendiri yaitu Diva Press Group dengan cara yang tidak biasa alias Koplak dan nyeleneh tapi masih bisa dikategorikan manusiawi karena bapak @edi_akhiles juga membayar karyawannya dengan uang asli selama 12 tahun.

Buku ini juga menyajikan sebagian kecil catatan-catatan sejarah penulis dalam menjalankan perusahaannya, bagaimana mengayomi para karyawannya dengan cara merangkul mereka, bagaimana menciptakan karakter pada semua divisi, dijalankan dengan konsisten, karena sejatinya menciptakan karakter tidak bisa jadi dalam semalam saja.

Penulis juga memaparkan bagaimana kita harus OUT OR THE BOX dan menjadi diri kita sendiri, jangan hanya menjadi lalat dalam toples kaca. Penulis juga tidak segan-segan mengkritik “pebisnis sialan” yang menyediakan fasilitas penerbitan dengan biaya tertentu. Bukan tanpa alasan pula penulis mengkritik “pebisnis sialan” itu, karena pada dasarnya mereka yang seharusnya masih harus digembleng dalam Candradimuka karena belum punya kapasitas kuat dalam kreativitas membuat buku akhirnya akan merasa sudah jadi penerbit hebat. Dan untuk kritikan ini, saya sangat setuju dan sependapat dengan bapak @edi_akhiles.

 Di dalam buku ini, penulis juga menyuguhkan ilustrasi yang kocak dan menarik. Ada beberapa bagian yang membuat saya sedikit bingung, ya karena bahasanya yang memakai lo, gue. Saya sedikit tidak suka jika ada novel yang menggunakan kata ganti saya menjadi agak sedikit gaul. Mungkin karena saya orangnya memang suka yang lebih sopan-sopan gitu kali ya #Hehe.

Overall, buku ini dapat menginspirasi kita semua, terutama untuk mahasiswa dan calon suami yang memang sudah tertera di covel depan buku. Bagaimana sebaiknya memimpin sebuah perusahaan agar tetap melambung tinggi tanpa harus mengandalkan efisiensi.
           

“Warna-warni hidup, apa pun itu, adalah bagian mutlak dari dunia kita, yang bila bisa kita masuki akan mampu mengisi jiwa kita dengan “nilai-nilai”, yang kagak bisa diraih dari balik toples kaca.” (Hal. 18)
“Merasa pintar” dan “merasa sudah jadi penulis” adalah efek memuakkan dari pembunuhan terhadap masa depan mereka sendiri.” (Hal. 65)
“Prinsipnya simple : jangan besar pasak daripada tiang! Dan enjoy your life boss! ” (Hal. 99)
“Orang tuh emang pada punya kecenderungan ngulik pikiran negatifnya sendiri, bahkan untuk hal yang sejatinya sangat sangat sangat kagak penting untuk dipeduliin.” (Hal. 139)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Miss Romances Book Published @ 2014 by Ipietoon