Kamis, 20 November 2014

Review 18 vs 29 – Loving You, Forgetting You



“Kau orang yang kucinta. Andai aku tidak mencintaimu, aku akan benar-benar hancur! Saat aku tidak mencintaimu, aku akan mengalami kekacauan layaknya hari ketika dunia ini berakhir.” (Hal. 200)


Judul : 18 vs 29 – Loving You, Forgetting You
Nama Penulis : Ji Su-hyun
Penerjemah : Rusmalasari dan Dwita Rizki Nientyas
Penyunting : Lelita Primadani
Proofreader : Emi Kusmiati
Penerbit : Qanita
Tanggal Terbit : Oktober 2013
Edisi : Cetakan Ketiga
ISBN : 978-602-9225-85-3


“Maaf, Anda siapa, ya ?

Dengan wajah bingung, wanita itu bertanya kepada suami yang selama duat tahun ini makan, tidur, dan hidup bersamanya.

Hye Chan
Mana mungkin paman jahat itu adalah suamiku ?! Aku masih delapan belas tahun dan belum menikah! Bisa-bisanya dia bilang aku sudah dua puluh sembilan tahun! Tapi, aku kaget saat melihat wajahku sendiri di cermin … benarkah ini aku ? Rambut pendek sebahu, wajah sangat dewasa … Ah, peduli amat! Aku tidak akan pernah menggubris orang yang mengaku-ngaku suamiku itu. Aku akan tetap bersikap seperti umur delapan belas, suka atau tidak suka.

Sang Yeong
Dulu, dia bilang akan melupakanku selamanya. Dan kini itu terjadi : dia kecelakaan, hilang ingatan, dan mengira dirinya masih berumur delapan belas. Betapapun aku bilang bahwa aku suaminya dan umurnya dua puluh sembilan, dia tetap tidak percaya. Baiklah. Lihat saja, Hye Chan. Aku akan membuatmu mengingat dan memanggil namaku lagi. Aku akan membuatmu hidup bersamaku, sekali lagi. Suka atau tidak suka.


             Review pertama saya. Maaf, salah ketik.
Ini adalah review pertama saya, dan akhirnya selesai juga *Yeyy. Pertama kali me-review sebuah novel menurut saya sulit *bukan blackgroud seorang pe-review. Tapi semoga bisa bermanfaat buat yang membacanya.
Okay sekilas cerita pembelian novel ini. Pada penasaran kan ? *Iya kan ? Okay abaikan. Sebenarnya sudah cukup lama saya melirik buku ini, tapi karena dompet masih dalam masa kritis alias bokek, jadi harus puasa dulu buat bisa dapetin buku ini. Yah, penuh berjuangan. Setelah ngubek-ngubek bazar buku yang diselenggarakan di Kota saya *Alhamdulilah, jarang ada bazar buku di Kota saya soalnya, akhirnya saya dapet buku ini dengan harga yang lumayan murah *menurut saya.
18 vs 29 berkisah tentang seorang wanita bernama Hee Chan, 29 tahun, semula berencana untuk bercerai dengan Sang Yeong suaminya. Seorang actor Korea terkenal dengan wajah tampan —entah karena alasan apa. Tapi keinginan itu belum terlaksana karena saat hendak bertemu dengan temannya Si Woo, untuk memberikan Naskah terakhirnya, dia mengalami kecelakaan yang mengakibatkan dirinya amnesia. Awalnya Sang Yeong mengira istrinya hanya pura-pura hilang ingatan dan dia marah besar akan hal itu, tapi ternyata istrinya memang benar-benar hilang ingatan.  Meskipun begitu Sang Yeong masih punya kesempatan untuk memperbaiki hubungan mereka dan mengembalikan pernikahan mereka.
“Aku ingin jadi janda!” (Hal.07)
            Di bagian prolog, penulis sudah memaparkan cerita yang langsung menampar para pembaca —termasuk saya, dengan menampilkan kalimat cetar membahana *hehe. Begitu membacanya saya langsung kaget sekaligus ingin cepat-cepat tahu bagaimana kisah selanjutnya *Ya karena saya termasuk tipe pembaca yang Fast Reader aka Roadrunner.
Banyak konflik yang tercipta di dalam novel ini. Penulis meramu ceritanya dengan sangat apik. Dengan tema yang sudah umum yaitu “Amnesia”, tapi gaya bahasanya yang bagus membuat novel ini sedikit berbeda. Tapi...
Ya, namanya juga mengkritik, selalu ada kekurangannya kan ?
Di awal saya membacanya, saya menghayati setiap cerita halaman demi halaman. Tapi setelah hampir setengah halaman saya membacanya, saya bosan dan ada beberapa bagian yang membuat saya bingung. Hmm, banyak bagian flashback yang muncul secara tiba-tiba dan membuat saya kebingungan. Saya perlu mencernanya lebih lanjut, baru saya mengerti. Saya juga pernah berhenti sejenak setelah membaca setengah halaman novel tersebut karena kurang menangkap cerita didalam novel.
Overall, novel ini cukup bagus. Covernya imut dengan judul novel yang unik. 18 vs 29 dan tentu saja dengan ending yang menggantung *saya paling tidak suka. 


0 komentar:

Posting Komentar

 

Miss Romances Book Published @ 2014 by Ipietoon