Jumat, 21 November 2014

Review Si Jola : Catatan Jomblo Gila



“Tuhan memang menciptakan segala sesuatu tidak pernah sia-sia, walaupun itu tidak sesuatu yang tidak kita inginkan sekalipun.” (Hal. 22)


Judul : Si Jola : Catatan Jomblo Gila
Nama Penulis : Diba Azzukhruf dkk
Editor : Rina
Desain Cover : Agus
Layouter : Ika Tyana
Pracetak : Endang
Penerbit : Ping
Tanggal Terbit : Maret 2013
Edisi : Cetakan Pertama
ISBN : 978-602-7723-54-2

 Karena disuruh untuk mengomentari buku ini, maka saya akan meneriakkan 3 kata : “GOKIL, GOKIL, GOKIL!!!” Karena memang rasa humornya sangat up to date, tidak ketinggalan zaman, dan renyah!
Om Sutanto Ari Wibowo,
penulis novel humor Arjuna Ngangkut Beras
Kombinasi cerita jomblo, benconggg, dan jengkol sukses bikin gue cekikikan di meja makan, depan tivi, sampai toilet. Ngakak poll!!!
Zoel Ardi,
cerpenis terbaik UNSA 2011
            Kumpulan cerita komedi yang segar dan lucu dengan cita rasa yang beragam.
Adhika Wandana,
novelis komedi di Mission Pocongible
Sungguh bukan hal mudah untuk merangkai kata menjadi sebuah cerita komedi. Saya angkat topi pada seluruh penulis fiksi komedi dalam buku ini. Semua ceritanya keren dan berhasil mewarnai hari saya dengan penuh senyum dan tawa.
Titie Surya,
Ketua Komunitas Cendol Jatim


 Hai Hai !!
            Adakah yang merindukan saya ? *gak ada. Okay baiklah #Ngenes.
Kali ini saya berkesempatan bisa me-review salah satu novel Pemenang untuk Sahabat Festival Cerpen Komedi terbitan Ping yang berjudul Si Jola : Catatan Jomblo Gila. Walaupun sebenarnya agak telat menyelesaikannya, tapi alhamdulilah selesai juga. Untuk buku ini saya tidak ditemani satu pun lagu dalam me-reviewnya #Kasihan *hehe.

Apa sih yang akan terbersit dibenak kalian jika mendengar kata Cerpen Komedi ?

Pasti yang berhubungan dengan tawa ngakak sampai guling-guling pake megang perut segala kan ? Nah di novel Si Jola : Catatan Jomblo Gila ini para penulis katanya menyuguhkan cerita kocak yang bikin ngakak, dan sebagian besar tokoh utamanya adalah seorang jomblo *persis kayak saya ini #Jomblo.

Si Jola : Catatan Jomblo Gila memiliki beberapa cerita pendek alias cerpen yang bercerita tentang para jomblo dengan masalah-masalahnya sendiri. Pembuka novel ini diawali dari cerita si Jola alias Jomblo Gila yang kebingugan karena tidak segera dapat pacar. Lalu cerita disambung lagi dengan judul Jomblo Tomdat. Apaan tu ? *pasti pada bingung kan ? sama kayak saya juga waktu pertama baca judulnya. Aneh ? *pasti. Ternyata Jomblo Tomdat itu artinya Jomblo Tompel di Jidat *lucu banget judulnya, tapi sayangnya tidak dengan ceritanya.


Setelah itu disambung lagi dengan Benconggg’s Follower, Cinta Dalam Sepiring Nasi Goreng, Diet ?, Sang Perumpi, Tisu Basah *hah ? Apaan lagi tu ? Pasti pada bingung dengan judulnya ? Well, saya kasih bocoran dikit biar pada nggak penasaran ya, Tisu Basah artinya Tiap Senang atau Susah bareng Sahabat *bisa aja deh penulisnya buat judul cerpen #Salut.

Okay saya lanjut ya pemirsa sekalian *Wihh.. udah persis kayak host acara gossip belum ? #Abaikan. Judul selanjutnya yaitu The Most “Amburadul” Camping, Barry Berry, Jodoh Jengkol Juned, Kecoak Dan Cinta, Peri Pohon Jengkol, TPU is Tragedi Percintaan Udin, Curhat Kucing, dan yang terakhir Salah Alamat.
           
Awal membeli novel ini karena melihat Book Blurb-nya. Mungkin bagus kali ya, soalnya waktu itu saya sendiri butuh novel yang berbau komedi biar nggak sumpek karena terus membaca buku yang berbau romantis mulu. Awal-awal membaca belum ada yang bikin saya ketawa-ketiwi *tapi bukan ketawanya kuntilanak lho. Padahal saya tipe orang yang mudah ketawa walaupun kadang orang lain menganggapnya nggak lucu. Intinya nggak semua judul dalam novel ini bisa saya pahami dengan baik.

Terlebih untuk judul Tisu Basah dan Salah Alamat. Saya sama sekali tidak mengerti apa sih yang sedang dibicarakan oleh tokoh Esa, Inoy dan Nani dan jalan cerita dari tokoh Anton —si penjual siomay sama Suster gesot.

Tapi ada dua judul dalam novel ini yang saya sukai. Benconggg’s Follower serta Kecoak dan Cinta. Untuk Benconggg’s Follower saya akhirnya dibuat ketawa *walau nggak sampai pegang perut segala.

Dan untuk Kecoak dan Cinta, sebenarnya cerita ini nggak buat saya ketawa sih, tapi ide cerita yang buat saya suka. Jalan ceritanya juga bagus, mengisahkan tentang perjuangan seekor Kecoak —yang maaf, tapi harus saya sebutkan— jelek mencari cinta tapi akhirnya harus gugur dalam medan perang *Mungkin berlebihan ya ? Tapi ceritanya memang begitu.

Di dalam novel ini, saya juga banyak menemukan hikmah atau pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca. Seperti dalam salah satu cerpen yang berjudul Si Jol, Diet ? dan juga SangPerumpi, tentang bagaimana kita tidak boleh lupa dengan Tuhan yang begitu mencintai kita tanpa syarat, yang selalu memanggil kita sebanyak lima kali tapi kadang kita malah kadang mengacuhkan panggilan-Nya. Juga tentang bagaimana seharusnya mensyukuri apa yang diberikan Tuhan pada kita, entah itu tubuh gemuk atau kurus. Dan janganlah kita berprasangka buruk tentang orang lain bahkan sampai membicarakan keburukan orang lain.


“Jomblo itu hanya makhluk Tuhan yang belum diberi pasangan, bukan hal yang menakutkan.” (Si Jola—Hal. 18)
“Sehat itu sangat mahal harganya. Lebih mahal dari harga opor ayam.” (Diet?—Hal. 63)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Miss Romances Book Published @ 2014 by Ipietoon