Senin, 12 Januari 2015

Stasiun Kereta Api dan Cerita tentangmu




Judul : Story About You
Nama Penulis : Ozaki Ira
Alih Bahasa : E. Lunari
Editor : Widya Erweniati
Desainer Grafis : Heru Lesmana
Penerbit : m&c!
Tanggal Terbit : 2012
Edisi : Cetakan Kedua
ISBN : 978-602-21-0395-0







“Orang yang bunuh diri akan dimurkai Tuhan dan tak akan masuk surga, katanya. Tapi, pada manusia yang terlalu lelah dan ingin beristirahat, apakah Tuhan berhak memberi hukuman?” — Hikari

Story About You yang ditulis/digambar oleh Ozaki Ira ini merupakan kumpulan cerita pendek. Semuanya berjumlah tiga-cerita. Sebenarnya ada satu cerita di bagian pertama yang saya tidak mengerti alurnya, tapi setelah membacanya beberapa kali, akhirnya saya mengerti juga. Maklumlah, yang saya lihat bukan tulisan alias alur cerita melainkan gambarnya. Saya sangat menyukai mimik para tokoh. Menggemaskan dan kadang membuat ketawa sendiri.

Kisah pertama dibuka dengan judul :The Moon Shines On March, mengisahkan tentang perpisahan yang biasa terjadi di SMP. Sebut saja Atsuta—remaja kelas tiga SMP yang akan segera lulus. Dalam kisah ini disebutkan bahwa Atsuta menyukai teman sekelasnya —Kasadera Yoshino. Pada perta kelulusan, ada kebiasaan besar untuk meminta kancing kedua milik orang yang disukai. Tapi berbanding terbalik, malah Atsuta yang memberikan kancing keduanya kepada Kasadera. Inilah cerita yang saya maksudkan. Saya terlalu bingung dengan alurnya. Nama tokoh laki-laki dalam cerita ini berbeda-beda sehingga membuat saya bingung sebenarnya siapa nama aslinya *hehe agak lemot.

“Yang kuharapkan adalah dia tetap tertawa. Seperti saat berkata “Berikan saja padaku sebelum ujian.” “Makasih!” walaupun sudah lulus, asalkan dia tetap tertawa.” — The Moon Shines On Mach

Kisah kedua berjudul At The Train Station, mengisahkan tentang seorang gadis SMA bernama Waka Kiyosu yang sedang patah hati dan mencoba menghibur dirinya sendiri dengan cara membolos dan menaiki kereta api untuk menenangkan hatinya. Tapi nasib sial menghampirinya, dia ketahuan oleh Itsuki Inazawa, guru yang sedang praktek mengajar di sekolah Kiyosu. Setelah kejadian itu, Kiyosu dan Itsuki sering bersurat kabar. Suguhan ceritanya manis dan menghibur tentunya.

“Banyak yang ingin kuceritakan padamu. Setiap hari dengan semangat aku pergi naik kereta. Karenanya sekarang bawalah padaku. Bawalah dia padaku. Karena aku menunggunya di sini.” — At The Train Station

Dan kisah yang terakhir yang juga pemilik judul cover : Story About You, mengisahkan tentang seorang gadis bernama Hikari yang menyimpan rahasia tentang kakak kembarnya, Akari. Sebagai anak tiri dikeluarga ayahnya, Hikari banyak menyimpan kepedihan, apalagi saat Kakak tirinya —Suzuko menyukai Kousuke Tarui, seseorang yang juga disukai Hikari. Meskipun semua orang menyayanginya, ia tak merasa bahagia. Apalagi, cintanya tak pernah bisa terungkapkan. terungkapkan. Hanya kepada Akari, Hikari bisa mencurahkan segalanya.

Kisah terakhir ini benar-benar membuat saya tercengang. Penulis mampu membuat saya kebingungan saat membacanya. Terutama saat membedakan karakter Hikari dan Akari. Mereka mempunyai wajah yang identik, hanya nada bicara yang berbeda. Sebenarnya saya mulai curiga saat tangan Hikari terluka dan dugaan saya memang benar bahwa Akari hanyalah bayangan Hikari, dia tidak nyata. Dan untuk Jun Nosuke, kau tipe pria idamanku *hehe ngayal.

“Karena kehadiranmu, aku bisa tetap hidup. Itu karena, dalam dirimu bergantian dalam berbagai sosok selalu kau tanamkan kesepian.” — Story About You

1 komentar:

  1. AAAH OZAKI IRA!! #lalufansgirlingan

    Ternyatau koleksiku belum lengkap ya untuk pengarang ini :'(
    Oh iya, gaya cerita dia emang begitu, agak membingungkan. Tapi kalo dibaca lagi, ceritanya bagus loh :)

    BalasHapus

 

Miss Romances Book Published @ 2014 by Ipietoon