Sabtu, 27 Desember 2014

A Long Visit —Perjuangan Ibu untuk Anak tercintanya.




Title : A Long Visit
Release Date : 22 April 2010
Asal : Korea Selatan
Genre : Drama, Family
Direktur : Yup Sung Yoo
Dibintangi : Kim Hae Sook, Jin Hee Park, Jin Yeong Jo, Saeng Mu Lee, Jung Young Ki, Ha Min Ki, Sun Choi Young, Baek Jin Ki
Production : Dong-A Exports, Island Pictures


“Tidak ada yang lebih berharga daripada seorang anak. Tidak ada orang tua yang rela anaknya menderita.” — A Long Visit

Dari kutipan di atas, sudah jelas bahwa ibu, dimanapun berada dan di seluruh dunia ini tidak akan rela anaknya menderita. Dia akan melakukan apapun untuk kebahagiaan anaknya, walaupun dia sendiri harus rela merendahkan diri. Sama seperti yang diceritakan dalam film A Long Visit.

Saya salah satu orang yang sangat menyukai drama maupun film Korea Selatan. Dan ini adalah salah satu film yang membuat saya tidak henti-hentinya meneteskan airmata untuk kesekian kalinya karena cerita dalam film ini. Siapa kira-kira yang tidak akan menangis ketika menonton sebuah film yang bercerita tentang ibu! Apalagi seorang ibu yang berjuang keras demi kebahagiaan anaknya!

Berawal dari seorang kakak laki-laki salah satu Universitas tahun lalu yang memberikan film ini kepada saya saat sedang Prakerin (Praktek Kerja Industri). Dia berkata film ini bagus dan bisa buat menangis. Jadi tanpa pikir panjang, saya dan teman saya langsung menontonnya. Dan memang benar, kami bertiga tidak bisa menahan air mata yang langsung disambut tatapan heran para mahasiswa lainnya. Maklum, saat itu mereka sedang praktek, sedangkan kami yang ada dibelakangnya, menagis sesenggukan sambil berharap semoga tidak ada yang menoleh kebelakang.

“Kapanpun aku sedang susah, ibu selalu menghiburku. Jika aku menangis, ibu menangis lebih dariku. Saat aku sedang sedih, hatinya pasti ikut sedih. Itulah seorang ibu.” — A Long Visit

           
Sedikit bocoran ceritanya ya, buat yang pada penasaran sama film ini :
           
Alur cerita film ini mundur yaitu bercerita tentang seorang wanita bernama Jisuk (Park Jin Hee) yang sedang menempuh perjalanan jauh menemui ibunya (Kim Hae Suk) dan mengenang masa kecilnya. Tentang bagaimana ibunya menyayanginya dan menjaganya dengan alasan kakak perempuannya yang telah meninggal, berbeda dengan adik laki-lakinya yang sering dimarahi. Tentang bagaimana ayahnya yang sering memukuli ibunya jika dalam kondisi mabuk. Juga tentang dirinya yang tidak ingin menikah karena takut jika dia akan mendapat perlakuan yang sama dengan yang ibunya dapatkan dari ayahnya.

Kesan pertama setelah melihat film ini, nggak bisa berkata-kata. Film ini benar-benar “Touch my Heart”, Trust me. Film ini seperti kisah nyata yang tidak ada kesan berlebihan di dalamnya. Isi cerita dibuat senatural mungkin, seperti di kehidupan sehari-hari.

Konflik ceritanya dalam dan mampu membuat emosi saya naik turun seperti Roller Coaster : Kadang tertawa ngakak, kadang sedih dan puncaknya, tentu saja nangis. Ada beberapa adegan yang membuat saya tertawa karena tingkah ibu Jisuk yang bisa dibilang kocak, apalagi saat Jisuk sedang melakukan proses persalinan anak pertamanya. Ups, spoiler!

Dari film ini saya banyak mengambil pelajaran. Bagaimana kita hidup tanpa ibu, betapa besarnya pengorbanan seorang ibu, sampai mereka rela walau harus masuk neraka demi anaknya. Menjaga kita dan berusaha membahagiakan kita bagaimanapun caranya. Dan betapa menderitanya seorang ibu saat anak yang disayanginya harus meninggalkannya, selamanya. Sungguh kasih ibu tiada batasnya. Dan dari film ini saya menyadari satu hal : seorang ibu tidak pernah meminta balas apapun dari anaknya, hanya bisa melihat anaknya bahagia atau anaknya bisa selalu disisinya sudah membuatnya bahagia.

“Ibu akan melakukan apa saja meski harus ke ujung dunia.” — A Long Visit

http://www.twivers.com/2014/12/watching-campaign-sharing-film.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Miss Romances Book Published @ 2014 by Ipietoon