Minggu, 10 Mei 2015

Kado Terindah Untuk Diri Sendiri



Source : here
Hadiah special apa yang pernah kamu berikan untuk diri sendiri atau orang lain?

Saya termasuk anak yang pendiam, kurang banyak bergaul dan lebih memilih mengurung diri dirumah dengan membaca buku. Tanpa tahu dunia luar, atau lebih tepatnya tidak ingin mengenal dunia luar. Mungkin ini juga pengaruh orangtua yang selalu mengkhawatirkan saya jika saya berada di luar rumah. Entahlah…saya tidak tahu kenapa orangtua saya memperkecil ruang gerak saya. Akibatnya, saya kurang memiliki teman. Kalaupun punya, saya jarang hangout dengan mereka.

Untuk itu, hadiah special yang pernah saya berikan untuk saya sendiri adalah sebuah perjalanan. Untuk mengenal dunia luar, untuk lebih tahu keindahan dan keunikan apa yang ada diluar sana, yang selama ini tidak saya ketahui. Mungkin, ada banyak hal juga yang tak mengenakkan diluar sana. Namun, kalau saya tak mencoba keluar dari cangkang saya waktu itu, saya tidak akan punya pengalaman apapun yang bisa saya ceritakan kepada cucu-cucu saya nanti.

Perjalanan yang saya maksud disini bukan melulu tentang bertamasya atau piknik, namun lebih ke tentang proses memperkaya hati. Bertemu banyak orang, menikmati setiap kenangan untuk menjadi diri sendiri, melepas segala ego tanpa ada yang menginterupsi. Saya seolah ingin mencari jati diri, mencari jawab atas banyak pertanyaan hidup yang saat ini masih terombang-ambing.

Saya memang termasuk orang yang sulit memulai sebuah pembicaraan dan cenderung pendiam juga pemalu. Padahal sebenarnya dalam hati saya, saya juga ingin berteman dengan banyak orang. Terbuka dengan mereka, bisa bercakap tentang banyak hal. Maka dari itu, dalam perjalanan ini saya menantang diri sendiri untuk mencari teman sebanyak yang saya mampu.

Waktu itu saya memaksa diri untuk meninggalkan zona nyaman saya jauh-jauh, mencoba untuk menikmati semua. Dan tentu saja banyak pengalaman seru yang terjadi. Selain itu, bukankah kebahagiaan seseorang ditentukan oleh orang itu sendiri? Kalau saya bisa membuat diri saya memikirkan segala sesuatu dari segi yang positif, pasti saya akan baik-baik saja.

Ketika akhirnya saya bisa berkenalan dengan seseorang disuatu kesempatan, saya tidak bisa menahan diri saya untuk tersenyum. Senangnya bukan main. Saya ingin berteriak dan berjingkat. Itu adalah hal yang luar biasa dan tak lumrah bagi diri saya yang notabene pendiam ini.

Dan cepat atau lambat, suatu saat kita harus keluar dari zona nyaman kita. Jika tidak, dunia kehidupan kita akan sekecil liang kelinci, hanya cukup ruangan bagi kita tanpa ada orang lain yang bisa masuk untuk berbagi. Dan saya tidak ingin seperti itu. Saya ingin hadiah perjalanan tersebut akan membuat saya menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya.

Saya pernah membaca sebuah kalimat yang sangat saya suka : “Yang paling menyenangkan dalam sebuah perjalanan adalah menemukan diri kita sendiri.” Benar bukan?

PS : Untuk kak Aprie Janti selamat ulang tahun ya! Wish you all the best! Semoga menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari hari ini. Sukses selalu untuk kakak & Giveaway-nya !!

3 komentar:

  1. Terima kasih ucapan ulang tahunnya.
    Dan selamat untuk pencapaian terbesarnya, semoga akan ada perjalanan-perjalanan lainnya :)

    BalasHapus
  2. Keluar dari zona nyaman memang nggak mudah sih. Saya pernah mengalaminya. Namun hal itu malah menjadi pengalaman paling berharga dalam hidup saya :)

    BalasHapus
  3. Saat bisa jadi diri sendiri, itu luar biasa :D

    BalasHapus

 

Miss Romances Book Published @ 2014 by Ipietoon